Memiliki rumah yang bergaya minimalis tentunya mempunyai tantangan tersendiri bagi kita. Dengan tampilan yang sederhana terkadang membuat kita kesulitan dalam menambahkan dan mendekorasi setiap elemen yang ada di rumah. Agar kamu tidak mati gaya saat ingin mendekorasi rumah, berikut tips dan triknya agar rumah minimalismu terlihat lebih rapi dan tentunya tetap keren.

1.Gunakan warna senada pada dinding dan furniture

Memilih warna putih sebagai poin utama dalam mendekorasi rumah minimalismu bisa menjadi pilihan. Dengan mengaplikasikan warna putih pada sebagian besar elemen rumah akan membuatnya terlihat lebih rapi dan bersih. Agar tidak terlihat monoton dan biasa saja, kamu bisa menambahkan aksen berwarna abu – abu atau coklat muda.

2.Buat satu ruanganmu menjadi ruang multifungsi

Salah satu kekurangan rumah minimalis adalah area dalam ruangnya yang sempit. Hal ini memang wajar pada rumah minimalis karena lahan yang dipakai tidak terlalu luas. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat ruanganmu memiliki banyak fungsi. Seperti meletakkan ruang tamu dengan meja makan pada satu ruangan.

Atau kamu bisa mengombinasikan ruangan lainnya seperti dapur dengan meja makan. Selain dapat meminimalisir ruangan, ini juga memudahkanmu dalam menyajikan makanan. Satu hal penting yang harus diingat saat mendekor rumah seperti ini adalah tidak meletakkan banyak barang karena hal tersebut akan membuat ruangan menjadi sumpek dan terlihat berantakan.

3.Terapkan pencahayaan yang cukup pada setiap ruangan

Memberikan pencahayaan pada setiap ruang tentu menjadi suatu hal yang penting. Baik itu pencahayaan alami dari sinar matahari maupun dari lampu. Dengan memberikan pencahayaan yang cukup pada rumah minimalismu akan membuatnya lebih nyaman dan kamu leluasa memandangnya. Dengan cahaya alami kamu bisa menerapkan kaca dengan ukuran lebar atau dengan menggunakan lampu yang berwarna putih.

Selain itu dengan adanya pencahayaan yang cukup bisa membuatmu sedikit lebih leluasa untuk menggunakan beberapa furniture di dalamnya. Ini karena ruangan akan terlihat lebih luas daripada hanya menggunakan cahaya yang remang – remang.

4.Ganti tembok dengan penyekat sebagai pembatas pada ruangan

Menggunakan dinding tembok sebagai pembatas ruangan tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan pada keluargamu. Menerapkan dinding tembok secara keseluruhan pada rumah minimalis dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit dan terasa lebih sumpek.

Untuk menghindarinya kamu bisa menggunakan pembatas ruang dengan tinggi sekitar sepertiga dari tembok kamu. Atau kamu juga bisa menggunakan rak hias sebagai pembatasnya. Bukan tanpa alasan, ini akan membuat ruangan terlihat luas dan kamu bisa lebih leluasa dalam menata hiasan rumah.

5.Terapkan motif yang bertekstur pada dinding

Memiliki rumah dengan desain minimalis memang membuat kesulitan saat ingin menempatkan furniture. Dengan mengkombinasikan tekstur pada dinding bisa menjadi alternatif pilihanmu. Dengan begitu kamu tetap bisa membuat rumahmu tampil keren tanpa harus menggunakan banyak furniture.

6.Kombinasikan motif kayu pada lantai

Memberikan detail seperti motif kayu pada lantai bisa membuat rumah minimalismu tampak lebih keren. Untuk memberikan variasi motif dan sebagai pemanis kamu bisa menambahkan karpet dengan warna monokrom. Agar terlihat lebih rapi kamu bisa menambahkan rak pada dinding untuk meletakkan barang – barangmu.

Bagaimana tips dan trik yang kami berikan untuk mendekorasi rumah minimalis kali ini. Semoga dapat menginspirasi serta membantu kamu dalam mendekorasi rumah. Jangan lupa untuk terus mengeksplor tips tersebut untuk mendapatkan dekorasi rumah sesuai keinginanmu.