Lazimnya menjelang tahun baru atau hari raya Idul Fitri kita sering berencana untuk melakukan perubahan pada desain rumah. Sayangnya, seringkali perubahan tersebut urung dilakukan karena keterbatasan dana. Nah, ide-ide di bawah ini bisa menjadi solusi mudah dan murah jika ingin mendekorasi uang rumah walau dana yang Anda miliki terbatas.

Aplikasikan warna yang berbeda sebagai batas ruangan

Kalau Anda tak memiliki budget yang mencukupi untuk mengganti warna dinding seluruh rumah, mengapa tidak mengganti warna salah satu dinding ruangan saja. Aplikasikan warna yang berbeda pada ruangan yang sekiranya sering dipakai untuk berkumpul keluarga seperti ruang tamu, ruang makan atau ruang keluarga.

Gunakan warna cat cerah jika ingin memberikan kesan ruangan yang lembut dan ringan. Warna-warna mencolok seperti orange, kuning atau merah bisa Anda terapkan pada dinding ruang makan karena terbukti bisa meningkatkan nafsu makan. Warna cat yang berbeda antara ruang yang satu dengan lainnya juga bisa menjadi pembatas fungsi ruang.

Gunakan wall sticker

Wall sticker atau wallpaper bisa menjadi solusi praktis meningkatkan kesan estetis para rumah. Saat ini berbagai variasi wall sticker sudah banyak tersedia secara online maupun offline, jadi Anda bisa dengan mudah menemukan corak wall sticker yang sesuai dengan keinginan.

Keuntungan wall sticker lainnya adalah mudah dipasang. Anda bisa memasang wall sticker secara mandiri atau dibantu oleh tukang. Harganya yang lebih murah daripada harus mengecat ulang dinding membuat wall sticker sering dipilih untuk mempercantik ruangan jika memiliki dana terbatas.

Mengganti kain dapur

Mengganti kain dapur ternyata bisa memberi pengaruh besar pada tampilan dapur. Gantilah celemek maupun kain dapur yang sudah tampak usang dan kotor dengan kain dapur yang baru, niscaya dapur Anda juga tampak sedikit lebih segar.

Selain kain dapur, ganti pula gorden yang terpasang di jendela dapur dengan gorden baru dengan tampilan pola yang unik, lucu atau menyegarkan. Agar tak membebani keuangan keluarga, gantilah kain tersebut secara bertahap.

Menambahkan aksesoris unik

Kehadiran aksesoris ruangan seperti frame foto, bantal sofa, lampu meja dan aksesoris lainnya bisa memberikan nuansa baru pada ruangan. Tambahkan frame foto, patung atau bantal sofa dengan bentuk dan warna yang unik sehingga ruangan tampak lebih artistik dan tidak membosankan.

Semua aksesoris tersebut tak harus membeli baru. Anda bisa juga mencari aksesoris-aksesoris bekas atau daur ulang dengan harga yang lebih murah serta desain yang tak kalah unik dari aksesoris yang lebih mahal.

Menambahkan tanaman dalam ruang

Tanaman dalam ruang baik tanaman asli maupun bunga sintetis bisa menambahkan semarak ruangan. Anda bisa menambahkan tanaman dalam pot kecil di ruang tamu, ruang keluarga, dapur atau kamar mandi. Tanaman dalam ruang seperti sejenis sukulen atau lidah mertua bisa menjadi elemen dekorasi yang menarik.

Tanaman asli tentu membutuhkan perawatan secara rutin. Jika Anda tak memiliki waktu untuk merawat tanaman, Anda bisa membeli tanaman imitasi atau bunga sintetis yang dijual dalam kisaran harga yang murah.

Menambahkan cermin

Bila Anda memiliki rumah dengan luas terbatas, Anda bisa menambahkan cermin di ruang tamu, kamar tidur atau kamar mandi. Cermin tak hanya bisa menjadi elemen dekoratif yang membuat ruangan tampak lebih elegan, tapi, juga bisa membuat ruangan tampak lebih luas dan lapang.

Itulah beberapa langkah dekorasi yang bisa Anda lakukan jika memiliki dana terbatas. Baik cermin, tanaman dalam ruang atau wall sticker bisa Anda dapatkan dengan harga di bawah 2 jutaan saja. Murah bukan?