Konsep ruang tamu yang berdampingan langsung dengan ruang makan terkadang terkesan mengurangi privasi pemilik rumah. Mau tak mau pemilik rumah harus memasang sekat tak permanen guna menghalangi pandangan ke ruang makan. Nah, beberapa material berikut ini bisa Anda jadikan sekat ruangan yang fungsional sekaligus menambah nilai visual bagi ruangan.

Sekat Ruangan dari Pipa Paralon

Potongan pipa paralon bekas ternyata bisa disusun menjadi sekat ruangan yang unik. Anda bisa membuatnya dengan memotong pipa paralon menjadi beberapa potongan. Kemudian satukan potongan pipa paralon dengan diameter yang bervariasi menjadi satu sehingga berbentuk seperti sekat.

Anda bisa mengkombinasikan pipa paralon dengan diameter berbeda jadi satu atau memisahkan pipa paralon berukuran besar sebagai sekat ruang yang lebih luas dan pipa paralon berdiameter kecil untuk sekat ruangan yang lebih sempit. Selain tampak unik, sekat pipa paralon ini juga murah dan mudah dibuat.

Sekat Ruangan dari Bambu

Jika Anda menginginkan kesan natural, batang bambu bisa menjadi alternatif pilihan bahan pembuat sekat ruangan. Sekat dari bambu ini tak hanya terkesan alami, tapi juga melengkapi kesan oriental dari ruangan yang mengadopsi gaya interior Jepang.

Anda bisa memilih bambu berukuran kecil kemudian merangkainya menjadi satu baik secara acak maupun dengan sudut kemiringan dan diameter yang berbeda. Ruangan yang menggunakan sekat dari bambu pun akan terkesan lebih hangat, bahkan sekat ruangan dari bambu bisa menjadi pusat perhatian dari ruangan tersebut.

Sekat Ruangan dari Papan Panel Kayu Daur Ulang

Papan panel kayu atau papan kayu parket bekas bisa juga dirangkai menjadi sekat ruangan. Susun papan kayu ini dalam rangkaian zigzag secara horizontal atau vertikal. Sambungkan menggunakan engsel sehingga sekat bisa ditekuk sesuai dengan kebutuhan ruang.

Tambahkan beberapa kait untuk menggantung hiasan dinding seperti foto atau elemen dekorasi lainnya. Bila ingin tampak lebih menarik, lapisi papan kayu dengan cat warna-warna pastel atau warna yang kontras dengan warna dinding sehingga sekat panel kayu bisa menjadi center point ruangan.

Sekat Ruangan dari Tirai

Tirai atau gorden bisa menjadi solusi memisahkan fungsi ruang yang paling murah dan paling sederhana. Kombinasikan beberapa lapisan warna tirai mulai dari tirai polos, tirai berpola hingga tirai transparan demi memperoleh tampilan sekat yang unik. Sekat ruangan tirai seperti tak hanya terlihat unik, tapi juga membuat ruangan terasa lebih luas.

Sekat Ruangan dari Bingkai Foto

Jangan biarkan karya foto Anda menumpuk di album foto atau di komputer. Tampilkan foto-foto Anda yang unik di dalam bingkai foto dari kayu atau logam kemudian satukan bingkai foto tersebut menjadi satu rangkaian sekat ruangan yang unik.

Tambahkan engsel putar pada kolase bingkai-bingkai foto tersebut sehingga bisa diputar sesuai kebutuhan. Bila sekat ruangan ingin tampak lebih unik dan artistik, cetak foto dalam varian warna hitam putih, sephia atau lomo.

Sekat Ruangan dari Box Kayu

Box kayu bekas juga bisa dijadikan sekat ruangan dengan cara disusun menjadi lemari atau kabinet. Lapisi box kayu dengan cat senada dengan warna ruangan agar tampak lebih menyatu. Bila ingin menjadikan box kayu sebagai center point ruangan, lapisi dengan cat berwarna kontras.

Dengan penataan yang baik, semua sekat ruangan di atas bisa menjadi pembatas fungsi ruang sekaligus sebagai elemen dekorasi yang memberikan kesan estetis pada ruang. Ruangan pun tampak lebih artistik dan jauh dari kesan membosankan. Lalu, material mana yang paling pas dengan hunian Anda?