Ruang tamu umumnya menjadi center point sebuah rumah sehingga sering mendapat pembaruan di momen-momen tertentu. Jika ruang tamu menjadi salah satu fokus Anda untuk mendekorasi ulang tahun ini, lakukan langkah ini demi memperoleh tampilan ruang tamu yang lebih segar namun dengan biaya yang lebih murah.

Memasang wallpaper

Memasang wallpaper bisa menjadi solusi dekorasi ruang tamu jika memiliki dana terbatas. Beragam motif wallpaper bisa Anda pilih, mulai dari wallpaper motif batu bata untuk tampilan ruang tamu rustik atau wallpaper bermotif burung, perkotaan atau motif lainnya untuk tampilan ruang tamu lebih modern.

Banyaknya pilihan motif wallpaper membuatnya pilihan yang ideal jika Anda tak ingin ribet berurusan dengan cat tembok. Harga wallpaper pun cukup murah, untuk 4 rol wallpaper bisa Anda dapatkan seharga Rp. 280.000 di online shop.

Mengganti cat ruang tamu

Selain menggunakan wallpaper, Anda bisa memperbarui tampilan ruang tamu dengan mengganti cat dinding ruang tamu. Mengganti warna cat dinding bisa memberi suasana baru dan menyegarkan tampilan ruang tamu.

Anda bisa memilih warna-warna monokrom apabila menginginkan tampilan modern nan sederhana atau warna-warna pastel yang klasik seperti kombinasi biru muda dan kuning. Jika ingin tampilan ruang tamu yang ringan, sebaiknya hindari pemilihan warna-warna gelap untuk ruangan ini.

Memasang cermin

Ruang tamu berukuran terbatas bisa terlihat lebih luas jika Anda menambahkan cermin di dinding ruang tamu. Selain membuat ruangan terasa lebih luas, cermin juga bisa menjadi elemen dekorasi yang memancarkan keanggunan. Itu sebabnya mengapa ruang tamu bertema klasik atau oriental sering menggunakan elemen dekorasi berupa cermin.

Menggunakan furnitur multifungsi

Memiliki ruang tamu dengan luas terbatas membuat pemilik rumah harus pintar-pintar memilih furnitur dan penempatannya di ruang tamu. Hindari memilih furnitur seperti sofa dengan ukuran yang besar yang memakan banyak ruang dan membuat ruangan terasa sumpek. Jangan lupa pertimbangkan pula sirkulasi ruang ketika mendekorasi ulang ruangan ini.

Sebaiknya pilih furnitur multifungsi yang bisa menghemat tempat dan tidak terlalu mengganggu pergerakan dari ruang tamu ke ruang lainnya. Anda bisa memilih sofa bed yang difungsikan sebagai sofa sekaligus tempat tidur. Bisa juga memilih meja ruang tamu dengan banyak laci sehingga bisa dipakai menyimpan berbagai barang berukuran kecil atau majalah.

Menambahkan sekat ruangan

Ruang tamu di rumah minimalis biasanya langsung berbatasan dengan ruang lainnya seperti ruang keluarga atau ruang makan. Agar privasi pemilik rumah tak terganggu, Anda bisa menambahkan sekat ruangan sebagai pembatas ruangan.

Sesuaikan desain sekat ruangan dengan tema desain ruang tamu Anda. Jika ruang tamu bertema oriental, gunakan sekat ruangan yang terbuat dari bambu atau kayu. Apabila ruang tamu bertema minimalis, Anda bisa menggunakan sekat ruangan yang terbuat dari papan panel kayu atau frame-frame foto yang dirangkai jadi satu.

Tambahkan aksesoris maupun tanaman dalam ruangan

Aksesoris seperti frame foto berukuran kecil, patung, poster, bantal sofa, karpet atau tanaman dalam ruangan bisa membuat tampilan ruang tamu jadi lebih semarak. Jangan ragu untuk bereksperimen. Terkadang kombinasi yang bertabrakan antara tanaman dalam ruang dengan frame foto berbentuk unik justru bisa menjadi center point yang menarik di ruang tamu.

Semoga dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda bisa memperoleh desain ruang tamu yang lebih segar dan lebih mencerminkan pribadi Anda. Jangan takut untuk menabrakkan beberapa gaya desain di ruang tamu agar tercipta tampilan ruang tamu yang lebih unik dan cantik. Selamat mencoba.