Progono

Gliyak-gliyak tumindak, sareh pakoleh
Desain Rumah

6 Kesalahan Dalam Memilih Jasa Arsitek yang Harus Dihindari

Apakah Anda berencana membangun rumah impian? Membangun hunian tak boleh sembarangan, karena diperlukan persiapan matang agar mendapatkan hasil akhir memuaskan. Terlebih persiapan terkait pemilihan jasa arsitek profesional, mulai dari melihat portofolionya, memilih material bangunan, hingga mengetahui berapa biaya jasa arsitek terbaik.

Namun tak jarang pemilik rumah salah memilih jasa arsitek. Hal tersebut tentu berdampak pada konsep hunian tidak sesuai ekspektasi, rumah pun menjadi kurang nyaman untuk ditinggali. Untuk itu simak kesalahan yang kerap dilakukan ketika memilih jasa arsitek berikut ini!

Berpatok Pada Harga

Tak jarang klien berpatok pada harga jasa, sehingga menganggap harga tertinggi merupakan opsi terbaik. Padahal, harga tinggi belum tentu memberikan hasil memuaskan. Untuk itu Anda perlu melihat dengan teliti portofolio jasa perancang tersebut lengkap dengan review dari konsumen sebelumnya.

Tidak Melakukan Riset

Idealnya, sebelum memilih jasa arsitek tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga nantinya Anda dapat memilih perancang mana yang dirasa paling tepat dan cocok dengan konsep rumah mewah minimalis impian Anda.

Selain itu menggali informasi mulai dari konsep rumah, pemilihan material, hingga perhitungan biaya pembuatan juga menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan ketika melakukan riset.

Tidak Mempertimbangkan Portofolio

Arsitek profesional dan berpengalaman tentu memiliki banyak portofolio. Semakin banyak portofolio, akan semakin menonjolkan pengalamannya dalam bidang arsitektur.

Arsitek andal umumnya menawarkan kualitas gambar baik, halus, serta natural mirip seperti aslinya. Sehingga calon konsumen perlu mempertimbangkan portofolio yang dimiliki perancang tersebut, sebelum akhirnya memutuskan untuk membuat janji temu.

Tidak Memperhatikan Karakter Desain

Selain portofolio, hal krusial lain yang perlu diperhatikan adalah karakter desain dari arsitek tersebut. Pasalnya setiap arsitek berpengalaman memiliki karakter dan gaya khas tersendiri yang menonjolkan trade mark masing-masing. Sehingga jika Anda berencana membangun hunian minimalis dan modern hindari memilih perancang dengan gaya klasik, begitu pun sebaliknya.

Tidak Memperhatikan After Sales Service

Mencari perancang dengan layanan after sales juga menjadi hal penting, karena tak jarang klien membutuhkan masukan ataupun saran ketika proses pembangunan sedang berjalan.

Dalam prakteknya, mungkin klien akan sering menemukan hal-hal yang berjalan tidak sesuai keinginan, contohnya saja pemilihan keramik kurang pas, perubahan kecil pada interior, dan lain-lain. Untuk itu pastikan Anda memilih arsitek yang berani memberikan jaminan pengawalan dari awal hingga akhir.

Tidak Turut Berkontribusi

Kesalahan terakhir yang kerap terjadi adalah klien tidak turut berkontribusi ketika proses pembangunan, sehingga hanya terima jadi saja.

Hal tersebut memang sah-sah saja, karena arsitek pasti memberikan yang terbaik untuk kliennya. Namun Anda tetap harus mempertimbangkan estetika dan fungsi hunian tersebut, serta ikut turun tangan langsung dalam proses pembuatan rumah idaman Anda.

Kelebihan Menggunakan Jasa Arsitek Profesional

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat dirasakan ketika konsumen memilih menggunakan jasa perancang profesional, diantaranya:

  • Dapat terhindar dari kesalahan struktur bangunan, yang bisa berdampak pada kenyamanan dan keselamatan penghuni rumah
  • Efisiensi anggaran mulai dari budget pembelian material hingga biaya jasa arsitek
  • Mewujudkan hunian sesuai konsep, kebutuhan, dan keinginan
  • Kualitas bangunan tahan lama, kokoh, dan prima
  • Nilai jual bangunan bertambah

Itulah kesalahan dalam memilih jasa perancang yang perlu dihindari, mulai dari berpatok pada biaya jasa arsitek hingga tidak turut berkontribusi dalam tahap pembangunan.

Wujudkan hunian impian Anda dengan Arsitag, yang berani memberikan 100% jaminan proyek selesai atau uang kembali. Tanpa biaya tambahan, tim Arsitag akan memberikan pengawalan mulai dari tahap konsultasi hingga proyek selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.