Cara Setting Akses Lokasi (GPS) Dengan Akurasi Tinggi di Android – Progono.com.Fitur GPS pada smartphone saat ini memegang peranan yang cukup penting, khususnya pada saat melakukan perjalanan jauh yang belum pernah didatangi sebelumnya.

Oleh sebab itu, keakuratan GPS sangat penting. Sayangnya, masalah seperti GPS yang tidak akurat masih sering dialami. Bila Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya perhatikan cara setting GPS akurasi tinggi di HP android berikut ini.

6 Cara Setting Akses Lokasi (GPS) Dengan Akurasi Tinggi di Android

Cara Setting Akses Lokasi (GPS) Dengan Akurasi Tinggi

1. Terus mengaktifkan sinyal GPS

Cara pertama untuk bisa meningkatkan tingkat akurasi GPS adalah dengan terus menyalakan sinyal GPS. Lokasi yang kurang akurat bisa jadi karena sinyal GPS berulang kali hidup dan mati. Ini membuat smartphone akan sedikit kesulitan untuk menentukan titik yang tepat.

Untuk bisa terus menyalakan sinyal GPS, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Connected GPS di Play Store.

2. Mengaktifkan Accurate Google Location

Cara yang berikutnya adalah dengan mengaktifkan Accurate Google Location. Akan tetapi, Anda harus menyiapkan cukup banyak baterai untuk melakukan ini karena akurasi yang tinggi membutuhkan daya yang cukup besar.

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut :

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka bagian “Setting” pada ponsel.
  2. Selanjutnya, pilih “Advanced”.
  3. Pilih “Google Location Accuracy”.
  4. Kemudian, pilih dan pastikan “Improve Location Accuracy” sudah aktif.
  5. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga ponsel Anda selesai melakukan penyesuaian.

3. Refresh data GPS

Mungkin setelah melakukan langkah di atas, akurasi GPS Anda masih belum cukup akurat. Hal ini bisa disebabkan karena satelit tidak berfungsi dengan maksimal. Jika demikian, cobalah untuk melakukan refresh jaringan GPS.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti GPS Status & Toolbox. Aplikasi ini berfungsi untuk menghapus data dari GPS dan menghubungkannya kembali ke satelit.

4. Pastikan tidak ada kerusakan pada perangkat keras

Bukan hanya software saja, kerusakan hardware juga berpotensi untuk mempengaruhi tingkat akurasi dari GPS. Untuk melakukan pengecekan apakah ada masalah pada hardware, Anda bisa menggunakan aplikasi GPS Essentials.

Pada menu utama, pilih “Satellites”. Setelah itu, ponsel Anda akan terhubung dengan satelit terdekat.

Apabila satelit muncul namun GPS masih saja tidak berfungsi dengan baik, bisa dipastikan itu adalah masalah softwarenya. Namun, bila tidak ada satelit, bisa jadi ada gangguan dari benda-benda logam yang berada di sekitar perangkat atau hardware GPS tidak berfungsi dengan baik.

5. Melakukan kalibrasi GPS

Banyak yang mengabaikan hal ini. Padahal, kegiatan yang cukup sederhana ini bisa cukup membantu untuk menjaga akurasi GPS. Kalibrasi berfungsi untuk membantu perangkat smartphone Anda memahami bujur dan lintang dengan akurat.

Jika orientasi ini diperbaiki, maka akurasi GPS juga akan menjadi lebih baik. Untuk melakukan kalibrasi, perhatikan langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Anda
  2. Tap pada titik biru yang ada di peta
  3. Pilih “Calibrate compass” yang terdapat di pojok kiri bawah
  4. Gerakkan perangkat Anda dengan arah seperti angka 8 atau simbol infinity
  5. Jika akurasi kompas sudah meningkat, pilih “done
  6. Ulangi kalibrasi ini setidaknya setiap dua minggu sekali agar akurasi dari GPS bisa terjaga

6. Menyalakan Wifi

Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk meningkatkan akurasi GPS adalah dengan menyalakan Wifi. Hal ini bisa membantu Google Maps untuk menentukan lokasi. Kekurangan dari cara ini adalah Anda tidak bisa selalu terhubung dengan Wifi. Jadi, bisa dikatakan cara ini adalah opsional saja.

Demikian beberapa cara untuk meningkatkan akurasi GPS di Android. Jika setelah melakukan keenam cara di atas GPS Anda masih belum akurat, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi ke tempat service agar bisa segera ditangani.