Virus Corona atau COVID-19 yang muncul di awal tahun 2020 cukup menggemparkan dunia. Bukan tanpa alasan, virus ini sulit untuk terdeteksi bahkan penyebarannya berlangsung sangat cepat. Wabah penyakit berbahaya ini pun tak jarang menyebabkan kasus kematian. Karena itulah Mitra Keluarga Bekasi Timur menyediakan layanan PCR swab test guna menekan penyebaran virus COVID-19.

Apa Itu PCR Swab Test COVID-19?

PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction, dan swab test COVID-19 berarti pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi virus corona. Swab test dapat dilakukan sebagai tes lanjutan guna menunjukkan apakah seseorang tersebut benar-benar terjangkit COVID-19 atau tidak, karena hasil dari keakuratan swab test yang dinilai cukup tinggi.

Pcr Swab Test Di Mitra Keluarga Bekasi Timur

Bagaimana Proses PCR Swab Test COVID-19?

Dalam tes ini, petugas medis akan mengambil sampel dari lendir bagian dalam hidung atau bagian dalam tenggorokan. Petugas medis akan memasukkan alat ke dalam hidung atau tenggorokan hingga mendapatkan lendir, lalu membawa sampel tersebut untuk diperiksa di bawah mikroskop guna mendeteksi keberadaan DNA virus COVID-19.

PCR swab test COVID-19 bekerja dengan menganalisa RNA atau DNA yang terdapat di dalam virus. Sehingga meskipun sampel hanya mengandung sedikit materi genetik, tes ini dapat melipatgandakan jumlah RNA atau DNA tersebut.

Siapa Saja yang Memerlukan PCR Swab Test COVID-19?

Seseorang akan membutuhkan PCR swab test COVID-19 jika dirinya termasuk dalam

– PDP atau Pasien Dalam Pengawasan
– OPD atau Orang Dalam Pemantauan
– Pasien dengan hasil rapid test positif
– Seseorang yang memiliki kontak dekat dengan pasien positif COVID-19

Bagaimana Cara Melihat Jadwal PCR Swab Test COVID-19 di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur?

Sebagai langkah untuk mendukung social distancing, Anda tak perlu datang ke rumah sakit hanya untuk melihat jadwal tes. Anda dapat dengan mudah melihat jadwal serta membuat janji untuk melakukan PCR swab test COVID-19 dari laman website Mitra Keluarga di https://mitrakeluarga.com/ga/wbs/pcr.

Pertama-tama Anda diminta untuk memilih lokasi RS Mitra Keluarga, pilih Bekasi Timur sebagai RS Mitra Keluarga pilihan Anda. Setelah itu pada opsi jenis test, pilih PCR swab test. Tentukan tanggal tes sesuai dengan waktu luang Anda, setelah itu klik “Cari”.

Pada laman tersebut tertera tanggal dan waktu tes yang bisa Anda pilih, mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Setelah itu Anda diminta untuk mengisi beberapa data seperti nomor rekam medis, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor WA, dan email lalu klik “Buat Janji”.

Perbedaan Rapid Test dan Swab Test COVID-19

Tak banyak yang mengetahui bahwa rapid test dan swab test yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus COVID-19 merupakan 2 hal yang sama namun berbeda. Lantas apa perbedaan diantara kedua tes ini?

Secara penjelasan, rapid test atau tes cepat merupakan tes yang digunakan untuk menyaring pasien yang diduga terjangkit virus COVID-19. Sehingga dapat disimpulkan rapid test merupakan tahap penyaringan awal, karena tingkat keakuratan rapid test terbilang kecil.

Sedangkan swab test merupakan tes yang dilaksanakan pada pasien yang diduga sudah terjangkit virus COVID-19. Jika hasil rapid test positif namun hasil swab test-nya negatif, maka tetap hasil swab test lah yang digunakan karena tingkat keakuratan swab test terbilang lebih tinggi.

Jenis sampel yang digunakan pun berbeda, jika swab test menggunakan sampel lendir bagian hidung atau tenggorokan, rapid test menggunakan sampel darah dari seseorang.

Itulah cara melakukan PCR swab test COVID-19 di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur. Semoga informasi tersebut bermanfaat.