Soal kepopuleran mungkin Huami belum bisa mengalahkan Xiaomi dalam urusan smartwatch. Merek smartwatch yang saat ini sedang digandrungi adalah Amazfit GTR. Merek ini bisa dikatakan lebih populer daripada induknya. Smartwatch sekaligus fitness band ini menjadi pesaing ketat dari Mi Band milik Xiaomi. Menariknya, Amazfit ini dapat dimiliki dengan harga yang cukup terjangkau.

Akhir-akhir ini, Huami melakukan terobosan menarik, yakni merilis dua seri Amazfit yang digadang-gadang akan membuat persaingan smartwatch semakin ketat. Kedua seri tersebut adalah Amazfit GTS dan Amazfit GTR. Amazfit GTS memiliki desain yang hampir mirip dengan desain Apple Watch, sedangkan Amazfit GTR memiliki tampilan yang keren dan kasual.

Spesifikasi Smartwatch Amazfit GTR

Amazfit Gtr 47 Mm

1. Menggunakan layar amoled

Salah satu yang menjadi kekuatan dari smartwatch ini adalah menggunakan layar amoled yang berbentuk bulat. Dengan diameter 1,39 inci, smartwatch ini mampu memberikan tampilan dengan resolusi 454 x 454 pixel dengan kerapatan 326 ppi. Tentu saja inilah yang membuat smartwatch Amazfit GTR ini bisa disejajarkan dengan produk serupa seperti Huawei Watch GT 2 yang menyandang smartwatch yang memiliki kerapatan piksel terbaik.

Selain penggunaan layar amoled, smartwatch ini juga memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik sehingga tetap mudah dibaca di bawah teriknya sinar matahari. Hal ini cukup menarik mengingat masih banyak smartwatch yang sulit dibaca ketika terkena sinar yang terang dan harus ditutupi menggunakan tangan untuk melihatnya.

2. Desain menarik

Poin plus dimiliki oleh smartwatch ini karena menawarkan desain yang sangat menarik. Smartwatch ini menggunakan bezel yang melingkar dengan bahan keramik dan polesan metalik yang terdapat di bagian atas. Tak hanya itu, Amazfit GTR dilengkapi tali strap dengan bahan kulit berlapis silikon di bagian bawah. Hal ini membuat jam ini nyaman di kulit dan tidak menimbulkan iritasi ketika mengenakan dalam jangka waktu yang lama.

Pada bagian sisi kanan jam, terdapat dua tombol crown. Tombol crown yang berada di bagian bawah memiliki fungsi Quick Start yang dapat diatur untuk melakukan beberapa perintah seperti kontrol musik, workout, penghitung detak jantung, dan lain-lain. Untuk tombol crown yang berada di bagian atas berfungsi untuk mengembalikan tampilan watchface dan juga sebagai tombol home.

3. Sensor dan hardware

Secara resmi, Huamii saat ini belum memberikan informasi yang pasti mengenai prosesor yang digunakan pada Amazfit GTR ini. Huami berfokus untuk mengoptimalkan daya dibandingkan dengan kemampuan prosesnya.

Mengenai sensor yang digunakan, Amazfit GTR menggunakan sensor photoplethysmography (PPG) yang juga biasa dikenal dengan istilah optical heart rate sensor. Sensor ini juga dilengkapi accelerometer dengan 6 sumbu, barometer yang berfungsi sebagai pengukur tekanan dara, sensor geomagnetic dengan 3 sumbu, dan sensor cahaya. Ada pula GPS dan GLONASS yang berguna untuk fungsi lokasi.

Fitur Amazfit GTR

Salah satu fitur yang dimiliki oleh smartwatch Amazfit GTR adalah heart rate. Fitur ini berfungsi untuk mengukur detak jantung dan juga dapat melihat data histori di dalam bentuk grafis. Selain itu, terdapat juga fitur pengatur musik. Sayangnya, smartwatch ini tidak dapat digunakan untuk menyimpan musik dan juga tidak dapat melihat playlist yang sedang diputar.

Pada intinya, mungkin fitur yang terdapat pada smartwatch ini tidak terlalu mewah. Tapi, hal itu sebanding dengan harga yang cukup terjangkau. Fungsi-fungsi yang lain pun sebenarnya masih cukup bagus untuk digunakan dan desainnya juga terbilang bagus untuk dijadikan sebagai pelengkap outfit.