Progono

Gliyak-gliyak tumindak, sareh pakoleh
Otomotif

Kenali Tanda – Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti Berikut Ini!

Hampir sebagian besar orang sering kali mengganti oli mobil sendiri. Bagi yang belum, ini dia cara menggantikan yang bisa kamu coba langsung di https://ilti.idemitsu.com/id/cara-mudah-ganti-oli-motor-dan-mobil-yuk-coba-sendiri-di-rumah. Dalam melakukan pergantian oli ini, ada beberapa tanda – tanda penting yang harus dicermati dimana Anda harus segera melakukan penggantian oli mobil agar terhindar dari masalah kerusakan. Bagi Anda yang bingung kapan sebaiknya oli mobil perlu diganti, sebaiknya simak tanda – tandanya berikut ini.

Terjadi perubahan warna oli

Salah satu tanda kapan oli mobil harus segera diganti yakni ketika terjadi perubahan warna pada oli tersebut. Apabila terjadinya perubahan warna oli menjadi hitam dan encer, sebaiknya Anda segera ganti oli mobil tersebut karena memang sudah tidak bagus untuk digunakan lagi. Bahkan dengan perubahan oli ini juga menjadi salah satu pertanda buruk dimana kualitas oli sudah menurun sehingga tidak bisa melumasi komponen mesin mobil dengan baik.

Terjadinya getaran mesin mobil yang terasa tinggi dan kasar

Jika Anda merasakan mesin mobil yang dipakai terjadi getaran yang terasa tinggi dan kasar tidak seperti biasanya, maka sudah saatnya bagi Anda untuk segera mengganti oli mobil tersebut. Ketika Anda sudah mengganti oli mobil tersebut, maka bisa melihat perbedaan getaran mesin yang terjadi. Dimana, getaran mesin yang olinya sudah diganti akan terasa berbeda dan cenderung lebih mulus jika dibandingkan saat sebelum diganti.

Komponen akselerasi mesin mobil terasa lebih berat

Mengingat kualitas oli yang menurun akibat tidak dilakukannya penggantian oli mobil, maka hal yang sudah pasti akan terjadi yakni gesekan antar komponen pada mesin mobil menjadi lebih tinggi. Terjadinya gesekan inilah yang pada akhirnya menjadikan performa mesin mobil otomatis akan menurun. Bahkan pada saat Anda menginjak pedal gas mobil, yang ada justru akan terasa berat komponen akselerasinya. Untuk itu, pastikan rutin mengganti oli mobil secara berkala.

Kondisi mesin yang terdengar kasar dan berisik

Secara umum, Anda bisa menilai kapan tanda – tanda oli mobil harus segera diganti dengan cara mendengar suara mesin mobil ketika dihidupkan. Tanda paling umum yang menandakan jika oli mobil harus segera diganti yakni suara mesin akan terdengar kasar dan berisik. Ini menandakan jika oli mobil yang dipakai sudah menurun kualitasnya dan sudah saatnya untuk segera dilakukan penggantian sesegera mungkin.

Tanda peringatan ganti oli mobil sudah menyala

Apabila tekanan oli sudah dibatas cukup rendah, maka biasanya tanda peringatan ini akan menyala. Tanda – tanda inilah yang membuat Anda harus paham dan mengerti bahwa oli mobil harus segera diganti. Sebab jika Anda menyepelekan tanda peringatan yang satu ini, maka yang akan akan membawa pengaruh buruk dimana performa mesin mobil menurun dan bahkan bisa saja mengalami kerusakan yang lebih kronis.

Jadi, itulah tadi beberapa tanda – tanda kapan Anda harus ganti oli mesin secepat mungkin. Saat mengganti oli mobil, sebaiknya gunakan oli yang memiliki kualitas terbaik dan harga terjangkau seperti oli Idemitsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.