Cara Mengunci Layar Handphone Oppo – Progono.com. Oppo merupakan salah satu pendatang di dunia gadget yang cukup sukses. Hanya dalam beberapa tahun saja, penggemar handphone Oppo ini sudah lumayan banyak. Hal ini karena Oppo memiliki spesifikasi cukup tinggi dengan harga yang relatif murah.

Namun, ada beberapa masalah yang mungkin masih membuat bingung pengguna barunya, salah satunya adalah cara mengunci layar. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara bagaimana mengunci layar handphone Oppo dengan pola dan Sandi.

Cara Mengunci Layar Handphone Oppo

Cara Mengunci Layar Handphone Oppo

Untuk mengunci layar handphone Oppo, Anda bisa melakukannya langsung di menu pengaturan pada ponsel. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Cara ini bisa dilakukan di semua jenis handphone Oppo. Silakan perhatikan cara di bawah ini.

  1. Masuk ke menu “pengaturan
  2. Pilih “Wajah & Kode Pas
  3. Pilih “Sandi layar kunci
  4. Pilih jenis sandi yang ingin Anda gunakan, apakah itu kata kunci atau pola
  5. Pilih “Pola
  6. Buat gambar pola yang sulit untuk ditebak
  7. Ulangi menggambar pola untuk melakukan verifikasi
  8. Masukkan email (Berfungsi jika sewaktu-waktu Anda lupa dengan pola kuncinya)
  9. Pilih “ikat
  10. Pengaturan sandi berhasil
  11. Matikan layar dan hidupkan kembali untuk mengecek apakah kunci sudah berhasil diterapkan atau belum

Tips Membuat Sandi yang Kuat

Meskipun sudah menggunakan fitur keamanan berupa sandi, akan sia-sia jika sandi yang Anda gunakan tidak begitu kuat dan mudah ditebak. Alih-alih merasa aman, justru ini akan berpotensi terjadinya pembajakan atau pencurian data.

Oleh sebab itu, pemilihan sandi harus benar-benar kuat. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat sandi yang kuat.

1. Gunakan kombinasi huruf dan angka

Cara ini terbukti efektif untuk membuat sandi menjadi lebih kuat. Jika Anda hanya menggunakan satu jenis huruf dan tanpa angka, sandi Anda akan mudah ditebak.

Sebagai contoh, daripada Anda membuat sandi “sandiponselku”, Anda bisa memperkuat dengan memanfaatkan kombinasi huruf dan angka menjadi “SandiponselKu198”. Letak dari huruf besar dan angka yang digunakan akan membuat sandi Anda menjadi lebih kuat.

2. Tidak menggunakan data pribadi

Banyak yang masih mengabaikan hal ini dan tetap menggunakan data pribadi sebagai sandi dengan alasan agar mudah diingat. Namun, justru ini membuat sandi Anda menjadi lebih mudah ditebak.

Jangan pernah menggunakan nama diri, nama orang tua, nama hewan peliharaan, tanggal lahir, dan orang-orang terdekat sebagai sandi.

3. Ganti sandi secara rutin

Cara ini bisa dikatakan sebagai langkah preventif agar keamanan sandi Anda menjadi lebih kuat. Setidaknya setiap 1 atau 2 bulan sekali, gantilah sandi Anda.

Agar tidak terlalu membebani pikiran, Anda bisa cukup mengganti bagian angka atau besar kecilnya huruf saja pada penggantian sandi ini.

4. Gunakan minimal 5 kombinasi pola

Jika Anda menggunakan jenis sandi pola, jangan membuat pola yang terlalu mudah untuk diingat. Setidaknya buatlah minimal 5 kombinasi antara lajur kanan, tengah, dan kiri.

Sebisa mungkin gunakan sembilan titik dengan maksimal. Untuk tambahan, akan lebih baik jika Anda membuat pola yang sulit dilakukan sekali jadi. Hal ini akan membuat sandi Anda menjadi lebih sulit untuk diketahui, bahkan jika ada seseorang yang tidak sengaja melihat Anda sedang membuka sandi pola tersebut.

Itulah tadi cara yang cukup mudah untuk mengunci layar handphone Oppo dan juga tips untuk membuat sandi yang kuat. Dengan begitu, keamanan handphone Anda akan menjadi lebih baik lagi dan bisa menghindari tindak kejahatan seperti penyadapan atau penyalahgunaan.