Cara Mengaktifkan ShopeePay – Progono.com. Bagi Anda yang sering berbelanja lewat aplikasi Shopee pasti sudah tidak asing dengan istilah ShopeePay. ShopeePay adalah saldo khusus Shopee yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Namun, sebelum bisa menggunakannya, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengaktifkan ShopeePay agar bisa langsung aktif dan bisa digunakan untuk berbelanja.

Untuk melakukan pembayaran di Shopee, sebenarnya ada banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan metode transfer bank. Namun, jika Anda rutin menggunakan ShopeePay untuk berbelanja, akan ada banyak promo dan voucher menarik yang bisa Anda dapatkan.

Selain itu, masih ada banyak kelebihan menggunakan ShopeePay daripada menggunakan metode pembayaran lainnya.

ShopeePay mempermudah pembayaran di Shopee

Kelebihan ShopeePay

ShopeePay sangat berguna bagi para pengguna Shopee untuk berbelanja. Dengan ShopeePay, pengguna bisa melakukan pembayaran maupun pembelian di Shopee tanpa harus menggunakan rekening bank.

Jika saldo ShopeePay mencukupi, maka pembayaran akan dilakukan dengan saldo tersebut. Selanjutnya, saldo ShopeePay juga bisa ditransfer ke rekening bank.

Cara Mengaktifkan Shopeepay

Untuk mengaktifkan Shopeepay, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

  1. Pilih menu “Saya
  2. Pilih “ShopeePay
  3. Berikan tanda centang pada “Syarat dan Ketentuan
  4. Pilih “Aktifkan sekarang
  5. Masukkan kode untuk verifikasi yang dikirimkan melalui SMS di nomor handphone Anda yang terdaftar
  6. Pilih “Lanjut
  7. Buat PIN ShopeePay
  8. Masukkan kembali PIN tersebut
  9. Akun ShopeePay sudah berhasil diaktifkan

Cara Melakukan Verifikasi ShopeePay

Meskipun akun ShopeePay Anda sudah bisa digunakan, namun dengan melakukan verifikasi identitas Anda bisa merasakan fitur yang lebih lengkap. Fitur tersebut antara lain menambah limit saldo menjadi Rp10.000.000,00 dan bisa melakukan transfer saldo ke rekening bank.

Untuk melakukan verifikasi, ikuti langkah berikut ini.

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu KTP
  2. Masuk ke dalam aplikasi Shopee
  3. Pilih “Saya
  4. Masuk ke dalam pengaturan “ShopeePay
  5. Pilih “Verifikasi sekarang
  6. Isi kolom yang tersedia dengan data sesuai pada KTP
  7. Unggah foto KTP dan juga foto diri ketika memegang KTP
  8. Tap “Konfirmasi
  9. Periksa kembali apakah data diri yang diisi sudah benar
  10. Pilih “Konfirmasi
  11. Tunggu proses verifikasi identitas oleh pihak Shopee
  12. Proses verifikasi biasanya memakan waktu maksimal 2 x 24 jam

Tips Verifikasi ShopeePay

Lamanya proses verifikasi ShopeePay berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhinya. Agar verifikasi bisa berjalan cepat, sebaiknya Anda memperhatikan hal ini.

  1. Usahakan swafoto yang Anda unggah jelas dan tidak kabur maupun gelap. Tulisan dan foto yang terdapat pada KTP juga harus terlihat dengan jelas
  2. Pastikan KTP Anda sedang dalam keadaan aktif dan merupakan KTP asli milik Anda
  3. Isikan kolom saat verifikasi dengan sebenar-benarnya. Terakhir, pastikan alamat yang Anda tuliskan sesuai dengan apa yang tercantum pada KTP

Mengatasi Kendala Verifikasi ShopeePay

Tidak semua proses verifikasi ShopeePay berjalan lancar. Tidak sedikit yang masih kesulitan dan mengalami kendala-kendala teknis seperti nomor handphone yang sudah tidak aktif sehingga tidak bisa untuk menerima kode OTP.

Jika Anda mengalami hal tersebut, lakukan langkah berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi Shopee
  2. Pilih “Menu saya
  3. Scroll ke bawah dan pilih menu “Chat dengan Shopee
  4. Jelaskan permasalahan yang Anda hadapi dengan detail dan rinci
  5. Pihak Shopee biasanya akan meminta foto KTP Anda dan juga swafoto untuk menghindari kasus penyalahgunaan orang yang tak bertanggung jawab

Mengaktifkan ShopeePay yang Nonaktif

Tidak jarang ada kasus akun ShopeePay yang tidak bisa diaktifkan. Lebih parahnya, akun tersebut malah diblokir. Jika hal tersebut terjadi, jangan terlalu khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan panggilan ke Call Centre di nomor 1500702.

Karena untuk melakukan panggilan tersebut memerlukan pulsa, sebaiknya Anda memastikan nomor Anda sedang dalam keadaan isi pulsa.

Itulah tadi informasi seputar ShopeePay yang perlu Anda ketahui. Selamat berbelanja dengan nyaman dan aman menggunakan ShopeePay.