Gadget canggih yang menemani keseharian kita sekarang memang sangat membantu dalam berbagai hal, seperti berbelanja dengan cepat, membayar apa pun tanpa perlu uang tunai, dan berbagai aktivitas lainnya.

Akan tetapi, gadget yang canggih seperti smartphone juga membawa dampak negatif. Misalnya, kita jadi kurang fokus dengan pekerjaan karena sering melihat sosial media, komunikasi dengan orang di dunia nyata berkurang, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, supaya smartphone-mu menjadi barang yang bermanfaat tanpa harus mengganggu fokus kerja, kamu bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

Cara Menghindari Distraksi Smartphone untuk Fokus Kerja

Cara Menghindari Distraksi Smarphone Untuk Fokus Kerja

1. Silent notifikasi

Salah satu hal yang paling mengganggu fokus dari smartphone adalah adanya notifikasi sosial media yang selalu muncul dengan ditandai oleh suara-suara tertentu.

Ketika mendengar suara notifikasi tersebut, biasanya akan ada keinginan kuat untuk segera membuka smartphone, dan ujungnya akan berakhir menggulir sosial media dalam waktu yang lama. Untuk mencegah fokus cepat pecah, matikan notifikasi tersebut ketika kamu bekerja.

2. Buat jadwal khusus bermedia sosial

Memang benar jika banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dari sosial media. Akan tetapi, hal tersebut juga sering membuat ketagihan sehingga tidak cukup satu jam untuk melihat-lihat apa yang terjadi di berbagai sosial media yang kamu miliki.

Jika diteruskan, waktu bekerja akan terganggu karena kamu kurang fokus. Maka buatlah jadwal untuk menggunakan sosial media setiap hari. Jika perlu, buat alarm untuk memperingatkan dirimu sendiri.

3. Gunakan jam tangan

Dikarenakan smartphone sudah menyediakan jam di dalamnya, banyak orang sekarang yang sudah tidak terlalu menggunakan jam tangan. Namun, sebenarnya penggunaan jam tangan bisa sangat membantumu untuk mengecek waktu tanpa takut terdistraksi atau tergoda membuka smartphone lebih lama.

4. Perbanyak ngobrol dengan orang sekitar

Jika kamu sering mengobrol di dunia nyata, kamu akan terbiasa untuk tidak selalu melihat smartphone. Sehingga ketika bekerja pun, kamu bisa lebih mudah untuk tidak mengecek smartphone dan melakukan tugas-tugas dengan lebih fokus.

Cara-cara di atas mungkin terlihat sepele, tetapi jika dijadikan kebiasaan, kamu akan terhindari dari risiko ketagihan menggunakan gadget.