December 17, 2023
penanganan stunting

Stunting merupakan suatu gangguan pada pertumbuhan anak karena masalah gizi buruk. Seriusnya masalah tersebut, saat ini pemerintah dan pihak terkait melakukan berbagai macam upaya serta penanganan stunting tersebut.

Pada umumnya, stunting dapat terjadi pada saat 1000 hari pertama kehidupan atau HPK. Masa tersebut merupakan waktu di mana anak sedang dalam periode emas pertumbuhan sehingga harus benar-benar dioptimalkan.

Berdasarkan hal tersebut sudah sepantasnya dilakukan berbagai macam upaya untuk mengatasi stunting. Nah, berikut ini adalah beberapa program penanganan masalah stunting yang dapat berdampak secara efektif pada anak.

Program Penanganan Stunting

penanganan stunting

Telah dijelaskan sebelumnya, berbagai macam pihak telah membuat langkah penanganan stunting pada anak. Untuk lebih jelas lagi tentang langkah tersebut, berikut ini adalah penjelasan tentang program-program penanganan tersebut.

1. Program Suplemen Asam Folat dan Zat Besi Bagi Ibu Hamil

Asam Folat serta zat besi sangat penting dalam pencegahan anemia dan perkembangan sang janin. Langkah ini dapat mengurangi risiko terjadinya gizi buruk buah hati Anda sejak dini.

2. Program pemberian Vitamin A dan Zat Besi Untuk Anak 6 Sampai 59 Bulan

Zat besi dan vitamin A berperan penting dalam masa pertumbuhan si kecil. Kedua suplemen tersebut dapat menguatkan sistem imun sehingga si kecil terhindar dari terkena gizi buruk.

3. Pemberian Tablet Penambah Darah

Tablet penambah darah dapat mencegah terjadinya anemia sehingga anak bisa tumbuh sehat. Dalam tablet tersebut terkandung vitamin serta zat yang bermanfaat di fase pertumbuhan.

4. Edukasi Kesehatan dan Gizi Untuk Keluarga dan Ibu

Edukasi ini sangat penting supaya keluarga terutama ibu dapat mengetahui pentingnya gizi untuk si buah hati. Pemahaman tersebut akan memicu pihak keluarga untuk mengambil keputusan tepat terkait pemenuhan gizi.

5. Pendidikan dan Praktik Kebersihan Lingkungan dan Sanitasi

Menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi keluarga adalah langkah penting supaya anak tidak terkena penyakit infeksi yang dapat menyebabkan malnutrisi. Dengan program ini, keluarga dapat lebih paham tentang menjaga lingkungan, rumah, serta kebiasaan hidup sehat.

6. Pendampingan Pemberian Asupan Makanan Anak

Program pendampingan diharapkan bisa membantu ibu memenuhi gizi seimbang terutama saat memasuki fase anak mengonsumsi MPASI. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kekurangan nutrisi ataupun gizi.

7. Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan Dasar

Program ini dapat memberikan akses kesehatan dasar lebih banyak pada masyarakat seperti imunisasi, konsultasi gizi, ataupun pemeriksaan rutin. Dengan adanya akses tersebut, indikasi terjadinya stunting bisa dideteksi lebih awal sehingga bisa segera diatasi.

Berbagai macam program penanganan stunting di atas diharapkan mampu bekerja dan dijalankan secara efektif. Dengan begitu prevalensi stunting dapat dikurangi sehingga tumbuh kembang si kecil menjadi lebih optimal.

Selain program tersebut, peran dari pihak keluarga, pemerintah, dan juga ibu juga punya andil penting. Kombinasi dari ketiga elemen tersebut yang berjalan baik merupakan kunci untuk mengatasi permasalahan gizi buruk pada anak di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *