Ada kalanya, kamu ingin menyetok bahan makanan untuk kebutuhan berminggu-minggu supaya tidak bolak-balik belanja. Namun, kita terkadang bingung, bahan makanan mana yang tahan lama dan tidak, terutama sayuran. Oleh sebab itu, supaya kamu bisa memilah dan memilih sayuran yang tahan hingga berhari-hari, berikut ini adalah beberapa daftar sayuran yang bisa menjadi pilihan untuk disimpan lama.

Berbagai Sayuran yang Bisa Distok Banyak

1. Wortel

Sayuran yangg satu ini sangat terkenal sebagai bahan masakan. Bisa untuk sup, oseng-oseng, isian lumpia atau tahu isi, makanan bayi, dan masih banyak lagi. Selain mudah didapat, wortel juga memiliki banyak kandungan vitamin A di dalamnya, sehingga banyak diburu semua kalangan demi mendapat kebaikan vitaminnya. Namun, untuk mempertahankan wortel supaya tetap segar, kamu harus membungkusnya dengan kertas, lalu masukkan ke kantong plastik, dan masukkan ke dalam lemari es. Jangan lupa untuk selalu mengganti kertasnya jika sudah terlalu basah supaya wortel tidak busuk.

2. Ubi

Meskipun termasuk dalam umbi-umbian, tapi ubi juga merupakan sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai masakan. Indeks glikemik yang rendah membuat ubi menjadi pilihan tepat untuk asupan karbohidrat harianmu, karena membuat tetap kenyang lebih lama. Tidak heran jika orang -orang yang diet sering menjadikan ubi pilihan pengganti nasi. Ubi bisa disimpan dalam keadaan apa pun, digeletakkan pun tetap awet selama berminggu-minggu. Atau, kamu bisa menyimpannya di lemari es supaya tahan lebih lama dan tetap segar.

3. Labu

Tidak kalah dari ubi, labu juga sangat awet jika disimpan. Bahkan, kamu bisa menyimpan labu selama empat bulan di dalam lemari es. Jika tidak punya lemari es pun, labu tetap bisa bertahan hingga tiga bulanan. Inilah mengapa kamu bisa menyetok labu dalam jumlah besar dan menyimpannya untuk persediaan makanan.

4. Kentang

Jika ada wortel, biasanya ada kentang. Sayur satu ini selain dapat diolah menjadi berbagai macam masakan juga kaya akan serat dan vitamin. Lebih penting lagi, karena kentang bisa bertahan berbulan-bulan di lemari es.

Itu tadi adalah beberapa sayuran yang bisa kamu simpan dalam waktu yang lama. Meskipun begitu, membeli terlalu banyak juga tidak disarankan. Beli secukupnya sesuai kebutuhan.