Ada orang yang sering bercerita bahwa mereka bisa sadar ketika berada dalam mimpi. Dengan kata lain, mereka bisa sadar dan tahu bahwa mereka sedang bermimpi bahkan beberapa bilang bisa ‘mengendalikan’ mimpinya.

Kejadian tersebut dinamakan lucid dream atau mimpi sadar. Lucid dream bukanlah hal yang aneh dan bisa terjadi pada siapa saja. Lalu, mengapa bisa terjadi lucid dream dan apa yang terjadi saat terjadi?

Sebelumnya, manusia memiliki empat tahapan tidur. Tahap pertama adalah tidur ayam, lalu tahap kedua mulai tertidur, tahap ketiga sudah tidur nyenyak dan tahap keempat atau terakhir adalah tidur REM atau Rapod Eye Movement.

Saat tahap keempat atau tidru REM, detak jantung, pernapasan, dan bola mata justru malah menjadi cepat. Namun hal itu terjadi ketika masih terlelap. Pada tahap inilah mimpi bisa terjadi, termasuk lucid dream.

Lucid dream ditandai ddenagn Anda memiliki kendali sendiri atas apa yang dilakukan dalam mimpi. Anda juga sadar bahwa Anda sedang bermimpi, sehingga hal yang dilakukan pun bisa bermacam-macam hingga ke yang paling tidak masuk akal sekalipun.

Setiap orang sebenarnya bisa mengalami lucid dream ini. Ada yang mengatakan bahwa paling tidak setiap orang akan mengalami lucid dream satu kali sepanjang hidupnya secara tidak sengaja. Setiap orang berkemamouan untuk menyadari bahwa dirinya bermimpi, tapi tergantung seberapa cepat sadar lalu mengontrolnya.

Saat ini, lucid dream bahkan sudah dimanfaatkan oleh terapis dan berbagai ahli untuk pengobatan atau terapi. Terapi dengan lucid dream ini misalnya untuk menyembuhkan trauma psikologis, meningkatkan kepercayaan diri, hingga menjelajahi alam bawah sadar.

Kebanyakan kasus lucid dream terjadi secara tidak sengaja. Namun, beberapa ahli sudah menemukan teknik yang bisa memicu mimpi sadar. Dengan kata lain, mimpi sadar yang disengaja.

Misalnya dengan meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda mimpikan sebelum tidur. Apabila sudah terpikir, maka fokus terus terhadap apa yang Anda pikirkan hingga tertidur. Namun, cara seperti ini tidak berarti Anda bisa langsung merasakan lucid dream dalam sekali coba.

Teknik lain yang digunakan oleh beberapa terapis adalah dengan meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan. Kemudian,dua hal tersebut bisa ditambah dengan melatih pola tertentu saat sadar.

Melakukan hal yang sama terus menerus saat sadar dan ketika hal yang sama itu terbawa mimpi, pasti akan terjadi sesuatu yang tidak masuk akal dam Anda bisa menyadari bahwa Anda sedang bermimpi.

Maka dari itu, cara terbaik untuk melatih lucid dream adalah dengan meningkatkan kepekaan dengan menaruh perhatian kepada hal-hal di sekitar. Nyatanya, orang yang sering mengalami lucid dream memiliki tingkat kepekaan yang lebih tinggi dibanding orang sama sekali belum pernah merasakan lucid dream. Dan hal ini menjadi keuntungan tersendiri.