Siapa sih, yang tidak menyukai tidur siang? Kegiatan tidur siang merupakan kegiatan yang pas untuk mengistirahatkan otak dan tubuh sejenak. Memang, tidur siang terkadang dicap negatif karena merujuk pada malas, kurang bekerja, dan tidak produktif.

Tapi jangan salah dulu, sebenarnya tidur siang punya banyak manfaatnya. Bahkan, salah satunya bisa meningkatkan produktivitas. Wah, bagaimana bisa? Untuk lebih lengkapnya, cek daftar di bawah ini.

1. Membuat Lebih Segar dan Relaks

Dalam suatu studi yang dilakukan di Spanyol, tidur siang selama 60 hingga 90 menit selepas makan siang mempunyai manfaat yang sama dengan tidur di malam hari dan dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Selain itu, tidur siang dinilai lebih efektif mengatasi kelelahan pada siang hari dibandingkan menambah jumlah jam tidur malam hari.

2. Mengurangi Stres

Tidak secara langsung dapat mengobati stres Anda, namun tidur siang sebentar dapat membantu mengendalikan hormon penyebab stres. Sebuah studi menyebutkan bahwa tidur siang bisa mengurangi hormon stres akibat kekurangan tidur sehari sebelumnya.

Studi lain dari Jepang menunjukkan bahwa orang yang bekerja selama sembilan jam dan mendapatkan tidur siang 15 menit per hari cenderung tidak stres dan tegang. Bahkan dalam penelitian di Pensylvania menambahkan bahwa pelajar yang mengerjakan tes matematika lalu tidur siang tekanan darahnya lebih rendah dibanding yang tidak.

3. Meningkatkan Produktivitas

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor dan peneliti otak manusia dari University College of London menyebutkan bahwa tidur siang merupakan waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak sejenak.

Kemudian, penelitian dari Universitas Pensylvania menyatakan bahwa tidur siang bisa meningkatkan kemampuan belajar, memperbaiki kemampuan koordinasi, meningkatkan waktu respon, dan mengurangi kadar kelelahan. Tidur siang juga bisa memperbaiki memori atau daya ingat, serta meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

4. Membuat Jantung Lebih Sehat

Hal ini bukan main-main, karena tidur siang bisa menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sistem kardiovaskular. Saat tidur siang juga, ada dua hormon yang membantu menjaga tubuh agar tetap merangsang denyut jantung yaitu hormon adrenalin dan non adrenalin.

Sebuah studi di Yunani juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki waktu tidur siang 30 menit setidaknya tiga kali seminggu risiko kematian akibat gagal jantung berkurang hingga 30 persen.

Bagaimana? Tidur siang memang punya banyak manfaat, bukan? Namun, disarankan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Paling tidak sempatkan untuk tidur siang kurang lebih 20 sampai 30 menit saja sudah cukup. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah sekitar pukul 2 siang hingga 3 siang, yaitu selepas makan siang.

Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan tidur siang. Karena tidur siang memang merupakan cara efektif untuk mengembalikan tenaga. Selain itu, dengan waktu tidur siang yang cukup, waktu tidur siang malam tidak akan terkorbankan.