Beberapa orang diharuskan memakai kacamata karena mata yang bermasalah sedangkan beberapa yang lain suka memakai kacamata untuk melengkapi fashion mereka atau sekadar mengikuti tren.

Terlepas dari berbagai tujuan setiap orang memakai kacamata, saat ini kacamata sudah memiliki banyak bentuk, gaya, dan warna. Berbagai macam kacamata ini tentu bisa membuat sebagian orang bingung untuk memilih kacamata yang mana.

Kalau kamu belum tahu, sebenarnya memilih kacamata bisa disesuaikan dengan bentuk wajah kamu. Dengan begitu, kacamata yang dipilih bisa terasa lebih pas dan cocok di wajah.

Lalu, apa saja bentuk dan gaya kacamata yang sesuai untuk setiap bentuk wajah?

1. Bentuk Wajah Bulat

Jika pipi kamu chubby atau tembem, kemudian dahi yang luas dan dagu yang bulat itu berarti bentuk wajah kamu bulat.

Untuk wajah bulat, kacamata yang cocok adalah kacamata persegi yang memiliki sudut-sudut yang tegas dan juga garis yang tebal dan kaku. Frame seperti itu akan menyeimbangkan wajah dan bisa membuatnya terlihat tirus. Hindari penggunaan kacamata berframe bulat, ya!

2. Bentuk Wajah Oval

Wajah oval memiliki garis rahang yang lembut ditambah dengan tulang pipi yang tinggi dan dagu yang runcing. Bagi pemilik wajah oval, kamu bisa menggunakan kacamata dengan bentuk frame apapun karena akan cocok di wajah. Tetapi, jangan gunakan frame yang terlalu besar agar garis wajahmu bisa diperkuat.

3. Bentuk Wajah Persegi

Wajah berbentuk persegi memiliki ciri dahi yang lebar, tulang pipi dan juga rahang yang lebar serta proporsional.

Bentuk kacamata yang sesuai bagi yang wajahnya berbentuk persegi adalah segala variasi frame yang berbentuk bulat. Kamu juga bisa mencoba frame berbentuk vintage cat eye. Hindari penggunaan kacamata berbentuk persegi ataupun yang memberi wajah terlalu banyak sudut.

4. Bentuk Wajah Diamond atau Berlian

Bentuk wajah berlian merupakan wajah yang bercirikan dahi yang sempit dimana garis mata dan rahang juga menyempit dan tajam. Selain itu, tulang pipinya juga sedikit lebih luas.

Untuk wajah berlian, bentuk frame kacamata yang paling cocok dipakai adalah kacamata dengan frame yang meruncing dan juga bingkai bagian atas kacamata mengikuti garis alis. Kamu juga bisa mencoba frame berbentuk oval ataupun yang tanpa bingkai atau rimless.

5. Bentuk Wajah Hati

Bentuk wajah yang mirip hati ini memiliki ciri tulang pipi yang tinggi dan juga menyempit ditambah dengan dahi yang lebar.

Bentuk frame kacamata paling pas untuk pemilik wajah berbentuk hati adalah aviators, cat-eye styled, ataupun rimless. Bentuk kacama itu bisa menonjolkan garis rahang kamu tetapi meminimalkan dahi kamu yang lebar.

Nah, bagaimana? Sudah paham, bukan? Jika kamu sudah paham, mulai saat ini kenali bentuk wajah kamu agar bisa memilih bentuk frame kacamata yang sesuai dengan wajah kamu.