Cache merupakan data yang bersifat sementara dan tersimpan secara tidak kita sadari di ruang penyimpanan internal. Adanya data tersebut untuk mencatat semua aktivitas Anda selama memakai aplikasi tertentu. Maka dari itulah, semakin Anda banyak menggunakannya, cache pun juga akan semakin menumpuk dan ruang penyimpanannya pun akan cepat habis.

Hapus saja data cache tersebut kalau tidak ingin memori internal Anda cepat habis. Caranya juga sangat mudah dan mirip dengan cara-cara sebelumnya.

Buka menu Settings, lalu klik pada menu Applications. Di menu tersebut pilih aplikasi yang ingin dihapus data cache-nya dan klik pada tombol Storage. Anda hanya tinggal klik pada tombl Clear Cache.

Hapus data aplikasi

Selain cache, hal yang harus perhatikan dalam menggunakan aplikasi adalah data offline-nya. Data tersebut juga akan semakin bertambah seiring Anda sering memakai aplikasinya. Ada baiknya kalau Anda rutin menghapus data aplikasinya agar kapasitas ruang penyimpanannya tetap lega. Namun, setelah Anda menghapusnya, data-data yang sudah Anda buat atau masukkan saat menggunakan aplikasinya juga akan terhapus dan Anda harus memasukkan kembali datanya.

Caranya mirip dengan tips menghapus file cache di atas. Cukup buka menu Settings, lalu klik pada menu Applications. Pilih aplikasi yang ingin dihapus data-datanya dan klik lagi di tombol Storage. Di sana terdapat tombol Clear Data. Kalau prosesnya cukup lama, maka kapasitas data yang sudah termakan juga banyak.

Pindahkan file ke Cloud Storage

Vivo menghadirkan fitur khusus penyimpanan tambahan yaitu Cloud Storage yang diberi nama Vivo Cloud. Fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk menyimpan foto, video, atau dokumen-dokumen lainnya agar memori internal tidak mudah penuh. Cara ini juga sangat efektif kalau memori internal dan eksternal yang Anda miliki tidak terlalu besar.

Klik pada menu Vivo Cloud dan login pada email Anda. Setelah itu, Anda bisa memindahkan file-file penting Anda lainnya ke Vivo Cloud. Cloud Storage lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan multimedia Anda adalah Google Drive, Dropbox, dan Mega.

Pilih saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya setiap penyimpanan pihak tambahan tersebut memiliki kapasitas memorinya juga. Jadi, pastikan cukup kapasitas untuk menyimpan file Anda secara online.

Dengan menghemat ruang penyimpanannya, smartphone Vivo Anda tidak akan mengalami lag atau penurunan kecepatan. Rutin-rutin saja membersihkan file dan aplikasi yang tidak terpakai agar semakin lega kapasitasnya. Jangan lupa bersihkan juga data offline dan cache-nya yang cepat menghabiskan ruang penyimpanan.