Ramadhan memang sangat layak disebut sebagai bulan penuh berkah. Selain karena pahala yang berkelimpahan, pada bulan ini juga bisa membantu banyak orang mendapatkan rezeki yang lebih banyak. Ada berbagai ide bisnis saat Ramadhan yang bisa mendatangkan keuntungan luar biasa. Bisnis apa saja itu? Perhatikan ulasan berikut ini.

Ide Bisnis di Saat Ramadhan

1. Berjualan takjil

Bisnis yang pertama ini memang tergolong sangat mudah untuk dilakukan dan berpotensi mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Anda bisa menjual makanan ringan seperti sosis bakar, jagung manis, es kepal atau minuman segar seperti sup buah, es teh, es jeruk, dan lain-lain.

2. Katering sahur dan berbuka

Jika Anda berlokasi di lingkungan kos-kosan, khususnya kos untuk mahasiswa, peluang ini bisa menjadi ladang emas. Anda bisa menawarkan untuk membuatkan menu sahur dan berbuka. Untuk mendapatkan kepercayaan yang lebih, Anda bisa sekalian menawarkan jasa mengantarkan. Jadi, pelanggan Anda hanya perlu duduk manis di kos dan menanti makanan datang.

3. Menjual kurma

Buah kurma sangat identik dengan bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, pada bulan ini permintaan buah kurma akan meningkat pesat. Inilah peluang yang bisa Anda manfaatkan. Anda dapat memulai bisnis ini dengan membeli kurma dalam jumlah banyak agar mendapat harga grosir. Setelah itu, kemas ulang dalam berbagai berat dan jual kembali.

4. Laundry

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa mencuci pakaiannya sendiri, apalagi saat bulan puasa. Banyaknya kegiatan selama Ramadhan bisa membuat seseorang tidak sempat untuk mencuci sendiri. Dari peluang ini Anda bisa mencoba menawarkan jasa laundry kepada orang-orang tersebut. Selain laundry pakaian, Anda juga bisa membuka jasa cuci sajadah dan karpet masjid.

5. Menjual busana muslim

Bisnis ini sangat prospektif karena baik saat bulan Ramadhan maupun lebaran, permintaan baju muslim sangat tinggi. Jika Anda bisa memanfaatkannya, ini bisa menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

Jadi, dari beberapa ide bisnis tersebut, manakah yang ingin Anda coba? Yang jelas, hal utama yang harus ditekankan adalah niat bisnis Anda adalah untuk membantu orang lain, bukan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.