Tidak hanya aplikasi saja yang bisa dipindahkan ke SD Card. File-file multimedia seperti foto, video, musik, atau dokumen bisa Anda pindah ke memori eksternal tanpa harus menyimpannya di memori internal. Dari semua file multimedia, yang paling banyak memakan memori adalah foto maupun video.

Agar tidak menghabiskan banyak memori internal, sebaiknya pindahkan kedua file tersebut ke SD Card. Cara memindahkannya sangat mudah. Anda cukup membuka File Manager pada smartphone Vivo Anda, lalu pilih foto atau video yang ingin dipindahkan. Setelah itu klik Cut dan Paste di folder pilihan yang ada di memori eksternal.

Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Dari hari ke hari, tanpa Anda sadari pasti akan mencoba aplikasi-aplikasi yang baru, seperti game, sehingga Anda menginstalnya melalui store pilihan. Tapi, kalau Anda melakukannya terus menerus, pastinya jumlah aplikasinya akan semakin banyak dan pastinya tidak semua aplikasi tersebut tidak Anda gunakan semuanya.

Aplikasi yang tidak terpakai tentu hanya akan menghabiskan kapasitas memorinya saja, baik itu di internal maupun eksternal. Belum lagi, kalau ada update, kapasitasnya akan semakin besar dan membuat memorinya penuh. Karena itulah, ada baiknya kalau Anda menghapus aplikasi yang benar-benar tidak terpakai.

Cara yang sangat efektif menghemat kapasitas memori ini sangat mudah. Klik menu Settings, lalu klik lagi pada menu Applications. Setelah itu, Anda pilih aplikasi mana yang ingin dihapus dan klik pada tombol Uninstall. Tunggu beberapa saat, lalu aplikasi akan terhapus.

Memindahkan aplikasi ke SD Card

Vivo menyematkan ruang tambahan agar penggunanya bisa menambahkan memori eksternal lagi, sehingga media penyimpanannya tidak terlalu terpaku pada memori internalnya. Anda yang menambahkan SD Card ke smartphone Vivo Anda, pastinya akan semakin lebih banyak menyimpan aplikasi, foto, dan sebagainya.

Karena itulah, kalau ruang penyimpanan internalnya Anda ingin lebih hemat, pindahkan saja beberapa aplikasi yang bisa dimasukkan ke dalam SD Card. Caranya sangat mudah, yaitu klik menu Settings, pilih Applications, dan klik pada aplikasi yang ingin dipindahkan ke memori eksternal. Lalu, klik pada tombol Move to SD Card.

Tapi, tidak semua versi Vivo bisa langsung memindahkannya melalui pengaturan aplikasinya. Kalau Anda mengalami kondisi tersebut, Anda masih harus membutuhkan aplikasi pihak kedua, seperti Link2SD. Jangan lupa download di Google Play Store atau Vivo Store, ya.