Salah satu ke nyamanan berkendara berkendara dengan mobil, adalah kita dapat terhindar dengan baik dari sinar matahari yang menyengat terutama di siang hari. Hal ini juga di karenakan AC mobil yang ada, dan dapat bekerja dengan sempurna. AC mobil yang dapat bekerja baik, tentunya akan memberikan efek sejuk pada kabin mobil yang ada.

Keberadaan dari AC mobil sendiri cukup penting, jika AC mobil yang anda miliki rusak maka jelas hal ini akan membuat berkendara semakin tidak nyaman karena hawa panas yang ada. Hal ini juga penting, untuk mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil, melakukan perawatan AC mobil hingga tips merawat ac mobil.

Cara Merawat AC Mobil

1. Selalu jaga kebersihan kabin

Salah satu cara merawat AC mobil adalah, dengan menjaga kebersihan yang ada di kabin agar terhindar dari debu dan juga kotoran. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan karpet, sebagai alas dalam kabin agar debu dan kotoran tidak langsung mengenai lantai mobil. Nantinya, anda tinggal membersihkan karpet jika memang kotor dan pasang kembali.

2. Cucilah bagian kondensor

Tips merawat AC mobil yang ada adalah dengan memperhatikan kebersihan dari kondensor. Cara merawat AC mobil yang satu ini memang terkenal ampuh untuk menjaga kondisi AC mobil yang ada selalu baik. Kondensor sendiri harus di lakukan perawatan secara rutin, dikarenakan mudah berkarat, korosi dan keropos.

Anda dapat menghidupkan air secara kencang, lalu semprotkan secara langsung pada bagian kondensor yang ada. Perhatikan bagian sela-sela kondensir yang terlihat berdebu.

3. Cobalah untuk memakirkan mobil di tempat teduh

Cara merawat AC mobil yang ada, cobalah untuk menghindari memakirkan mobil di tempat yang panas. Hal ini akan mengganggu kondisi dari AC sendiri, jika terlalu sering berada di udara yang panas.

4. Usahakan untuk tidak merokok di dalam mobil

Banyak yang tidak menyadari hal ini, cara merawat AC mobil yang paling ampuh adalah dengan tidak merokok di dalam mobil. Hal ini dikarenakan, asap dari puntung rokok sendiri berbahaya bagi AC mobil. Asap yang diserap langsung oleh komponen AC mobil, akan menempel di dalam kabin karena sifatnya yang pekat.

5. Tidak membuka kaca mobil terlalu lama

Tips merawat AC mobil yang ada, adalah dengan tidak membuka kaca mobil terlalu sering. Hal ini akan membuat debu dan kotoran masuk ke da;am AC mobil dan membuatnya menjadi tidak ingin. Untuk itu,tips lain untuk cara merawat AC mobil yang benar adalah cobalah untuk tidak menyalakan AC saat jendela terbuka.

6. Tidak makan di dalam mobil

Dalam hal ini, memang tidak menyebabkan hal apapun saat anda makan sesuatu di dalam mobil. Namun, pastikan untuk tidak menumpahi makanan yang anda konsumsi terutama saat di dekat AC mobil. Di khawatirkan, bahwa hal ini akan merusak keadaan dari AC mobil sendiri.

7. Hidupkan AC mobil setelah mesin hidup

Banyak orang yang tidak menyadari hal yang satu ini, dengan menyalakan AC mobil sebelum menghidupkan mesin. Dalam hal ini, cara merawat AC mobil yang baik adalah dengan membiarkan mesin terlebih dahulu hidup. Pastikan bahwa kaca mobil tertutup, lalu hidupkan AC mobil. Hal ini adalah salah satu cara merawat AC mobil agar tetap dingin.

Itulah beberapa cara merawat AC mobil, agar kondisi AC mobil selalu dingin dan terjaga. Anda dapat memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh, dalam penggunaan AC mobil.