Kunci dalam mengembangkan SDM perusahaan adalah berorientasi pada produktivitas dan kinerja karyawan. JIka karyawan dapat bekerja secara maksimal tanpa hambatan baik dari internal diri mereka atau eksternal lingkungan mereka, maka perusahaan tersebut dipastikan akan meraih produktif. Pasti orientasi pada profit yang ditargetkan akan teraih. Syaratnya adalah itu wajib dikembangkan secara konsisten dan berkelanjutan. Ada tips khusus meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan untuk perusahaan anda.

1. Memberikan atmosfer kerja yang baik dan sehat

Lengkungan kerja yang baik dan sehat tentu sangat menentukan kenyamanan karyawan sehingga dipastikan tidak terlalu sering terjadi keluar masuknya karyawan yang juga menghambat produktivitas perusahaan. Output-nya adalah meraih profit yang dicanangkan oleh perusahaan.

Tidak mudah untuk menyediakan lingkungan yang baik. Ada syarat minimal yang wajib dipenuhi. Tiga unsur yang harus dilengkapi agar terbangun lingkungan yang mendukung adalah penggunaan sistem payroll pada pembagian gaji, aplikasi PPh 21 untuk perhitungan pajak penghasilan, dan penggunaan software HR yang mutakhir.

2. Menerapkan pelatihan dan training yang berkerkelanjutan

Dalam operasional perusahaan tidak semua karyawan mahir menjalankan tugasnya. Menyediakan pola pelatihan khusus bagi mereka tentu akan sangat membangun kompetensi karyawan yang mumpuni. Ini akan memperlancar kinerja mereka dalam melaksanakan tugas dan memperkecil terjadinya error dalam pekerjaannya.

3. Jangan terlalu menghemat pada penggunaan mesin

Sering kali untuk mengelola keungan harus menghemat mesin atau alat kinerja karyawan. Ini termasuk menghambat karyawan untuk menciptakan produktivitas mereka dalam berkarya. Lebih baik mengeluarkan modal untuk meraih profit yang lebih besar secara konsisten.

Tidak hanya karyawan yang dilengkapi alat kerja, departemen SDM juga harus melengkapinya. Penerapan software HR yang mutakhir terbaru tentu akan sangat memperlancar service excellent yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Pajak Indonesia yang mengharuskan karyawan untuk repot mengisi laporan pajak akan menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi ini. Inilah yang menjadi keunggulan apabila perusahaan menggunakan payroll system yang lengkap dengan aplikasinya.

4. Menentukan tujuan dan target yang jelas

Dalam deskripsi kerja karyawan harus memiliki tujuan dan target yang jelas. Maka dari itu, kini sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem KPI (Key Performance Indicator) kepada karyawannya agar mereka tahu harus mengerjakan apa dan seberapa jauh target minimal yang harus dicapai pada satu periodenya. Dengan seperti itu. mereka tidak bingung dan semakin mahir dalam bekerja.

5. Memberikan penghargaan secara finansial dan moral

Dalam implementasinya, SDM seharusnya memiliki program penghargaan terhadap karyawannya terutama yang memiliki prestasi dan target yang paling baik. Ini dapat memompa sistem kompetensi pada karyawan untuk selalu meningkatkan kinerja dan produktivitasnya. Penghargaan tersebut dapat diterapkan melalui pujian atau langsung di suatu acara. Di sisi lain, penghargaan finansial yang dapat disisipkan melalui sistem software HR juga sangat membantu memberikan semangat kerja pada karyawan.