Sudah mengkonsumsi jenis makanan tertentu tetapi setelah makan menyebabkan gangguan tidak biasanya? Jika demikian maka kemungkinan besar, anda mempunyai alergi terhadap jenis makanan tersebut. untuk mengetahui lebih jelas bagaimana alergi makanan bisa terjadi, bersama dengan SehatQ, anda akan mendapatkan informasi yang lengkap.

Apa itu alergi makanan?

Alergi makanan merupakan suatu reaksi dari sistem imun dimana akan terjadi ketika seseorang mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Sebagian besar dari makanan itu sendiri ternyata akan menimbulkan tanda-tanda maupun gejala seperti tidak biasanya mulai dari adanya masalah pada saluran pencernaan, gatal-gatal hingga adanya gangguan saluran pernapasan.

Tetapi, sebagian besar orang alergi makanan tersebut dapat mengakibatkan gejala yang cukup parah bahkan reaksinya akan mengancam jiwa seseorang. Kondisi seperti ini dikena dengan syok. Pada anak-anak, alergi makanan tersebut dapat terjadi 6-8%, sedangkan pada orang dewasa hanya 3% saja.

Alergi makanan ini sendiri ternyata berbeda dengan intoleransi makanan. Dimana intoleransi makanan adalah reaksi tubuh yang menimbulkan gejala maupun tanda tidak terlalu serius dan tidak akan melibatkan sistem imun seseorang.

Apa Itu Alergi Makanan

Bagaimana tanda-tanda seseorang mengalami alergi makanan

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki alergi makanan ataukah tidak dapat dilihat berdasarkan dengan tanda-tanda yang muncul. Walaupun terdengar sepele, alergi makanan tidak boleh dipandang sebelah mata karena jika reaksi yang ditimbulkan parah maka akan mengancam nyawa para pasiennya. Berdasarkan sehatq, berikut beberapa tanda-tanda seseorang mengalami alergi makanan.

1. Munculnya rasa gatal di sekitar area mulut

2. Adanya pembengkakan yang muncul pada wajah, tenggorokan, mulut hingga area lainnya yang terdapat pada tubuh

3. Munculnya ruam-ruam merah yang terasa gatal. Tetapi pada beberapa kasus, kulit akan terasa gatal tetapi tidak muncul adanya ruam-ruam.

4. Seseorang yang terkena alergi makanan akan kesulitan untuk menelan

5. Nafas berbunyi dan terasa pendek

6. Keinginan untuk mual dan muntah

7. Merasa pusing dan melayang

8. Perut terasa sakit bahkan mengalami diare

9. Demam serbuk bunga yang menyebabkan gejala bersin dan mata akan terasa gatal-gatal.

Apa sajakah faktor penyebab alergi makanan

Penyebab alergi makanan ini disebabkan karena sistem imun yang terdapat pada tubuh salah dalam mengidentifikasi makanan ataupun zat tertentu sebagai suatu hal yang berbahaya. Karena itulah akan menimbulkan beberapa reaksi. Dimana sistem imun akan memicu sel untuk melepas antibody dimana antibody tersebut berfungsi sebagai immunoglobulin E.

Anti bodi tersebut berfungsi untuk menetralisir alergi dimana disebabkan oleh makanan tertentu. Sedangkan pada orang dewasa, alergi makanan ternyata dapat dipicu oleh beberapa jenis protein yang terdapat pada seafood, kacang, hingga ikan.

Pada anak-anak terdapat jenis makanan yang juga akan menyebabkan alergi makanan tersebut dapat terjadi seperti kacang, telur, susu sapi, gandum, kacang pohon dan kedelai.

Selain penyebab yang ada diatas, terdapat faktor risiko yang dapat memicu timbulnya alergi tersebut seperti dari riwayat keluarga, adanya alergi lain, faktor usia, hingga seseorang dengan gangguan asma. Apabila seseorang mengalami asma dan alergi makanan bersamaan maka gejalanya biasanya jauh lebih parah

Bagaimana cara mengobati alergi makanan

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi alergi makanan tersebut yakni dengan menghindari makanan yang menyebabkan gejala-gejala alergi timbul. Selain itu, para pasien dengan gejala sedang biasanya akan dianjurkan untuk mengkonsumsi obat antihistamin.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, maka anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter di sehatq. Selain itu, anda dapat menemukan ada banyak artikel kesehatan didalam situs SehatQ.