Progono

Gliyak-gliyak tumindak, sareh pakoleh
Tekno

Berbagai Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Mudah dan Cepat

Seringkali ketika mengirimkan lampiran atau dokumen, ada permintaan untuk mengirimkan foto dengan ukuran tertentu. Oleh sebab itu, mau tak mau kalian harus memperkecil foto tersebut. Sayangnya, belum semua orang tahu bagaimana cara memperkecil ukuran foto dengan mudah. Beberapa bahkan perlu mengeluarkan uang dan usaha lebih karena tidak tahu caranya.

Memperkecil foto tanpa biaya

Sebenarnya, ada berbagai cara mudah dan cepat untuk memperkecil foto baik secara online maupun offline. Kalian juga tidak perlu peralatan yang canggih. Cukup dengan smartphone atau laptop dengan spesifikasi biasa. Jika kalian ingin melakukannya dengan cepat, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Mengecilkan foto secara online

Cara ini merupakan yang paling mudah dan cepat. Kalian hanya perlu terhubung ke internet dan membuka berbagai situs untuk mengedit foto seperti Compressjpeg.com, Resizeimage.net dan sebagainya. Selain gratis, cara ini juga dinilai lebih cepat dan mudah. Kalian hanya perlu mengupload foto yang ingin dikecilkan dan melakukan langkah-langkah yang diperintahkan.

2. Mengecilkan foto dengan software/aplikasi khusus

Jika kalian termasuk yang memiliki minat di desain visual maka kalian bisa menggunakan berbagai aplikasi edit foto untuk mengecilkan ukuran foto. Meskipun cara ini lebih ribet dan membutuhkan sedikit keahlian khusus tapi hasilnya dinilai lebih baik karena kita juga bisa sekaligus mengedit hal-hal lainnya.

Beberapa contoh perangkat lunak yang paling sering digunakan adalah Adobe Photoshop, Photoscape bahkan aplikasi bawaan seperti Paint. Meski caranya berbeda-beda namun ketiga aplikasi tersebut masih cukup mudah digunakan.

3. Mengecilkan foto menggunakan smartphone

Terakhir, kalian ternyata juga bisa melakukannya lewat smartphone. Saat ini sudah banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan di smartphone sehingga kalian bisa mengedit dengan lebih mudah. Tidak perlu membuka laptop, cukup buka aplikasi, pilih gambar yang diinginkan lalu kecilkan sesuai ukuran yang diinginkan.

Beberapa aplikasi edit foto yang bisa mengecilkan ukuran foto antara lain adalah Photo&Picture Resize, Photo Compress & Resize dan masih banyak lagi. Kalian bisa mengeceknya sendiri di Play Store untuk jika berminat menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Berikut adalah beberapa cara memperkecil ukuran foto melalui komputer atau smartphone berbasis Android. Jika kalian menggunakan produk berbasis iOS maka caranya akan lebih mudah lagi. Sebab, kalian bisa langsung mengubah foto tersebut saat mengirim karya lewat fitur Mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published.