Progono

Gliyak-gliyak tumindak, sareh pakoleh
Media Sosial

Tips Menjadi Influencer dengan Banyak Followers IG

Membayangkan menjadi influencer memang tampak mudah sekali mendapatkan penghasilan hanya dengan bermain media sosial. Namun, untuk menjadi selebgram maupun influencer dengan jumlah followers IG banyak tentu tidak mudah dan ada proses yang harus dilalui. Apalagi saat ini banyak orang berlomba-lomba ingin populer di media sosial.

Mendatangkan banyak pengikut di instagram tidak harus seorang artis atau gampangnya membeli followers biar cepat dan praktis. Banyak juga selebgram atau influencer terkenal dengan banyak followers karena kontennya memang menarik serta bisa memberi dampak pada pengikutnya. Lalu, bagaimana cara menjadi influencer sukses?

Tips Menjadi Influencer

Jenis-jenis influencer terdiri dari 4 kategori yakni nano, micro, macro, dan mega. Meskipun followers masih di angka 1.000, tak perlu berkecil hati karena asal Anda memiliki kepercayaan kuat maka engagement rate-nya bisa sangat tinggi. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti untuk menjadi seorang influencer sukses, di antaranya:

1. Cari Apa yang Diminati

Carilah sesuatu yang Anda minati dan ingin dikenal sebagai influencer seperti apa nantinya. Ketika memposting konten yang benar-benar diminati serta dikuasai, maka akan lebih mudah untuk menarik perhatian pengguna lain. Apalagi jika konten tersebut unik, spesifik, atau bisa memberikan manfaat.

Usahakan untuk tidak asal ikut-ikutan konten viral padahal Anda tidak memiliki minat di bidang tersebut. Tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya disukai dan apa yang bisa dibagikan ke media sosial. Riset informasi terlebih dahulu untuk membantu menemukan hal tersebut.

2. Merapikan Feed Instagram

Ibarat toko, feed instagram adalah etalasenya. Jika ingin mendapatkan feedback positif dan pengguna lain tertarik dengan akun Anda, maka rapikan postingan di feed instagram. Cara merapikan feed bisa dimulai dengan menggunakan warna foto senada sehingga terlihat seragam serta rapi ketika dilihat.

Coba belajar menggunakan tools editing seperti adobe lightroom, VSCO, Snapseed, dan lainnya untuk membuat tampilan instagram jadi lebih menarik. Setelah itu, unggah foto saling berkaitan dengan topik serta personal branding yang dibangun.

3. Memperluas Networking

Agar mendapatkan awareness dari pengguna lain di instagram, maka Anda bisa mencoba memperluas networking dengan cara kolaborasi. Sering-sering berinteraksi dengan influencer lainnya atau membuat project bersama. Boleh pansos atau panjat sosial asal dalam konteks yang positif dan bukan untuk settingan belaka.

Cara yang bisa Anda lakukan seperti memberikan komentar positif pada postingan influencer lain, rajin-rajin datang ke acara sesuai minat untuk mendapat kenalan atau relasi. Dengan datang ke event atau acara tertentu, maka bukan teman baru saja yang didapat melainkan wawasan dan ilmu baru.

4. Konsisten Posting dan Upload

Semangat untuk membuat konten jangan hanya di awal-awal saja, Anda harus tetap menjaga konsistensi posting dan upload baik di feed maupun story instagram. Karena jika jarang upload maka lama-kelamaan pengikut pun akan meninggalkan akun jarang aktif. Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak saingan yang mungkin lebih konsisten posting.

Namun, sebelum memposting suatu konten di instagram, pastikan untuk memikirkan dengan matang agar postingan konten menarik dan bermanfaat. Jika perlu buatlah planner atau kalender berisikan tema-tema yang nantinya akan Anda bahas di instagram bersama pengikut untuk membangun interaksi.

Interaksi dengan pengikut adalah salah satu kunci penting untuk bisa meningkatkan engagement rate. Tips menjadi influencer dengan banyak followers IG di atas bisa Anda coba praktekkan setiap hari. Jangan lupa untuk terus semangat dan selalu konsisten dengan apa yang sudah dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.