Setiap orang pasti pernah merasa malas, atau bahkan lebih tepat dibilang sering. Malas menjadikan hari kita tidak produktif. Padahal kalau kita mau saja, kita bisa berbuat banyak hal yang bisa menghasilkan manfaat. Sehingga waktu kita tidak akan terbuang percuma dan dapat menjadi lebih produktif.

Kalau kamu masih tipe orang yang suka bermalas-malasan, lebih baik ubah kebiasaan kamu itu sekarang juga. Tenang saja, jika kamu tidak tahu bagaimana caranya agar menjadi lebih produktif, kamu perlu menyimak hal-hal dibawah ini.

1. Buat Skala Prioritas

Dengan membuat daftar skala prioritas, kamu bisa terbantu dalam memulai suatu pekerjaan. Kamu bisa memprioritaskan pekerjaan sesuai keinginan kamu, apakah berdasar sulit-mudahnya, berdasarkan lamanya, atau penting-tidaknya.

Sebaiknya kamu memulai dari hal yang paling penting terlebih dahulu. Selain itu, pekerjaan-pekerjaan yang deadline-nya dekat juga perlu jadi perhatian khusus. Apabila ada pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga namun dirasa tidak terlalu penting, singkirkan saja terlebih dahulu.

2. Buat Deadline

Dengan membuat deadline, kamu bisa lebih termotivasi untuk mengerjakan pekerjaan kamu. Karena mau bagaimanapun, pasti kamu akan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Dengan adanya deadline, kamu juga bisa menyusun jadwal-jadwal terstruktur agar pekerjaan kamu bisa mudah selesai.

3. Beri Hadiah atau Reward bagi Diri Sendiri

Memberi hadiah bagi diri sendiri juga bisa memotivasi kamu. Misalnya saja, jika kamu bisa menulis lima halaman dalam satu hari, kamu akan menghadiahi diri kamu dengan kue kesukaan kamu.

Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan kamu dengan cepat. Karena pastinya, kamu sudah tergiur dan tidak sabar memakan kue kesukaan kamu. Jadilah, kamu bisa mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding sebelumnya.

3. Fokus Pada Apa yang Sedang Dikerjakan, Kurangi Multi-tasking

Sebisa mungkin kamu harus fokus terhadap pekerjaan yang sedang ada dihadapan kamu sekarang. Kalau bisa, hindari multi-tasking. Memang multi-tasking dalam beberapa kesempatan tidak bisa dihindari dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat.

Tapi tidak semua orang punya konsentrasi untuk mengerjakan beberapa hal diwaktu yang sama. Jika memaksa multi-tasking, konsentrasi kamu bisa terpecah belah dan bukannya selesai, kamu malah bingung dengan yang kamu kerjakan dan semuanya menjadi kacau balau.

4. Hindarkan Barang-Barang yang Bisa Mengganggu

Seringkali saat mengerjakan sesuatu, perhatian kita mudah teralihkan oleh hal lain seperti handphone atau TV. Kamu harus menjauhkan diri dari hanphone atau memasangnya dalam mode getar atau silent. Jangan kerjakan sesuatu didekat ruang TV, karena bisa saja kamu tergiur menonton TV dan pekerjaan menjadi tidak selesai.

5. Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja yang nyaman, bersih, dan rapi dapat memotivasi kamu untuk mengerjakan pekerjaan kamu. Ruangan yang bersih dan rapi dapat membuat kamu merasa nyaman saat bekerja sehingga pekerjaan kamu bisa selesai tepat waktu.